Pages

Thursday, December 13, 2012

Lempeng Puli Madiun

Lempeng Puli/Krupuk Puli adalah salah satu makanan khas Madiun, Lempeng atau kerupuk ini terbuat dari beras yang di masak menjadi nasi dan kemudian di proses menjadi puli.

Proses pembuatan Lempeng Puli dimulai dengan menanak beras yang sebelumnya sudah di cuci bersih dahulu, selagi menunggu berasnya matang kita dapat meniapkan bumbu-bumbu yang digunakan untuk memberi rasa pada Lempeng Puli tersebut diantaranya bawang, garam, dan ketumbar.

Setelah beras matang dan menjadi nasi kemudian di tumbuk bersama bumbu-bumbu yang sudah di siapkan. jangan lupa memberi alas plastik pada alu agar tidak lengket saat proses penumbukan. Setelah nasi dan bumbu tercampur rata atau menjadi puli, puli di padatkan dan didinginkan semalan agar mudah dlam proses pengirisan. Setelah puli dingin puli di potong tipis-tipis secara horisontal agar tebalnya sama. Sebelum mengiris jangan lupa olesi pisau dan permukaan puli yang akan diris dengan minyak agar tidak lengket, ini dilakukan saat ingin membuat irisan baru agar tidak lengket saat di tata di tampah (anyaman bambu) untuk di jemur. Kemudian puli di keringkan dengan cara di jemur, proses penjemuran kurang lebih memakan waktu dua hari, tergantung kondisi cuaca.

Setelah kering lempeng puli siap dinikmati dengan cara di goreng terlebih dahulu.

Lempeng/Krupuk Puli Mentah

Lempeng/Krupuk Puli Matang

Referensi:

Foto:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Kategori

ASEAN Blogger